Rivaldo Memperingatkan Barcelona Tidak Memaksa Lionel Messi Pulih dari Cedera

Penyerang Barcelona, Lionel Messi.

Barcelona – Bintang Barcelona, Lionel Messi, baru saja mengalami cedera saat membela timnya menghadapi Villarreal dalam jornada keenam La Liga pada Rabu (25/9/2019) dini hari WIB. Legenda Barcelona, Rivaldo, memberikan peringatan kepada klub Catalan itu untuk tidak memaksakan Lionel Messi tergesa-gesa pulih dari cedera yang dialaminya.

Lionel Messi mengalami permasalahan terkait kebugarannya pada musim ini. Bahkan dalam laga terakhir Barcelona, Lionel Messi hanya tampil selama 45 menit pertama pertandingan menghadapi Villarreal itu.

Rivaldo, pemain asal Brasil yang tercatat bermain lima musim di Camp Nou, menegaskan Messi harus mendapatkan waktu yang cukup untuk bisa memulihkan diri dari cedera apa pun yang menderanya. Rivaldo menegaskan Barcelona tidak boleh terburu-buru untuk memainkan Messi lagi di lapangan hijau.

“Ketika pemain asal Argentina itu kembali dari cedera, klub perlu berhati-hati untuk tidak membuatnya tergesa-gesa kembali bermain. Ia sudah berusia 32 tahun dan bermain di level tertinggi tanpa beristirahat, jadi wajar melihatnya mulai sering merasakan sakit,” tulis Rivaldo dalam kolomnya untuk Betfair yang dilansir oleh Goal.

“Klub perlu membiarkannya melakukan recovery penuh sehingga dia tidak mengalami cedera yang kambuh setiap kali kembali memperkuat tim. Bukan menjadi sebuah masalah jika dia absen selama dua pekan, tiga pekan, atau satu bulan,” lanjutnya.

Rivaldo pun membandingkan kondisi Messi saat ini dengan ketika dirinya masih aktif bermain di lapangan hijau, terutama ketika usianya sama seperti bintang asal Argentina itu saat ini. Bintang asal Brasil itu menegaskan bukan hal yang mudah bagi pemain di atas 30 tahun untuk bermain di level tertinggi seakan dirinya masih berusia 25 tahun.

“Ketika saya masih di awal usia 30an, saya pikir saya tidak akan pernah mengalami cedera atau merasa sakit. Namun, bukan itu yang terjadi sebenarnya dan masalah seperti itu mulai datang. Berusia 32 tahun tidak sama dengan ketika masih berusia 25 tahun. Jadi anda perlu mengatur kebugaran Anda dengan lebih baik,” tegas legenda Barcelona itu.

Cedera yang dialami oleh Lionel Messi, atau mulai menurunnya kebugaran yang dialami sang superstar, dianggap Rivaldo bukan sebagai tanda penurunan level permainannya. Rivaldo percaya Messi masih memiliki kemampuan untuk bermain di level terbaiknya.

“Saya tidak melihat kondisi ini sebagai penurunan performa Messi. Ia akan kembali ke lapangan dan memilih beberapa tahun lagi untuk memperlihatkan permainan di level tertingginya,” tegas Rivaldo.

Sebagai bukti dari pendapat Rivaldo, Lionel Messi baru-baru ini menerima penghargaaan sebagai yang terbaik karena performa yang diperlihatkannya. Perdebatan sempat terjadi karena banyak yang menilai Cristiano Ronaldo di Juventus dan Virgil van Dijk di Liverpool lebih layak mendapatkannya, tapi Rivaldo meyakini Messi pun layak menjadi yang terbaik.

“Meski melalui pemungutan suara yang ketat, saya yakin Lionel Messi pantas mendapatkan penghargaan ini untuk semua yang telah dilakukannya pada musim lalu. Ia memang hanya memenangi La Liga, tapi dia mencetak lebih dari 50 gol dan 20 assist, serta bermain hampir 60 pertandingan dengan tuntutan yang tinggi kepadanya,” ujar Rivaldo.

“Terkadang menjadi sebuah perdebatan mengenai apa yang lebih bernilai, gelar juara yang diraih oleh sebuah tim, atau performa dari seorang individu pemain. Bagi saya, ini adalah penghargaan individu, jadi Messi adalah yang terbaik pada 2019 meski Barcelona tidak memenangi banyak gelar juara seperti yang mereka harapkan,” tegasnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*