Prediksi Persebaya Vs Persela: Kans Besar Bajul Ijo untuk Pesta di Kandang

Surabaya – Persebaya Surabaya mengusung ambisi meraih kemenangan perdana saat melakoni laga kandang Shopee Liga 1 2019. Mereka akan menjamu Persela Lamongan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (1/7/2019) sore. 

Laga ini merupakan kesempatan buat Persebaya untuk kali pertama mengamankan tiga poin di kandang sendiri. Sebab, Persela dalam kondisi oleng setelah sang pelatih Aji Santoso memutuskan mengundurkan diri hari ini, Minggu (30/6/2019). 

Pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman, meminta kepada anak asuhnya tidak memandang sebelah mata para pemain Persela. Meski dalam situasi sulit, Laskar Joko Tingkir tetap harus diwaspadai karena berpotensi bangkit setelah lima laga tanpa kemenangan. 

“Kami menghadapi Persela, sebuah tim di klasemen bawah tapi saya pikir tidak boleh menganggap enteng. Persela bermain dengan tensi selalu bagus dan memberikan perlawanan, hanya belum ketemu hasil yang baik. Kami harus waspada degan itu,” ucap pelatihyang akrab disapa Djanur itu. 

Persebaya Surabaya sudah menemukan gaya permainan yang pas untuk menanjak ke papan atas kompetisi ini. Itu terjadi saat mereka menang 2-1 di kandang Borneo FC dan dilanjutkan bertandag ke markas Madura United dalam leg kedua perempat final Piala Indonesian 2018.

“Kami merupakan adanya perubahan, terakhir melawan Madura United. Babak kedua itu kami sudah menguasai permainan dan memainkan ritem yang kami inginkan. Tinggal ada beberapa sektor yang tetap harus dikoreksi. Secara umum, kami menunjukkan peningkatan,” ungkap Djanur.

“Target saya tidak ingin terpeleset dan bisa mencetak gol. Tidak boleh (lengah) yang terjadi menit-menit krusial. Sekarang itu sudah diperbaiki dan dalam latihan taktik di lapangan sudah diingatkan. Ini soal konsenstrasi dan fokus pemain,” imbuhnya. 

Persebaya kemungkinan bakal tampil tanpa kehadiran dua pemain asing andalannya, Manuchehr Jalilov dan Otavio Dutra. Jalilov mengalami masalah robek pada dahinya. Sementara Dutra masih belum bisa tampil akibat cedera patah tulang hidung. 

“Absennya pemain dengan diganti oleh lain itu memang memiliki sedikit pengaruh. Tapi, masih bisa ditutup oleh yang lain. Kami tidak mengandalkan ebelas pemain. Yang jelas, kami ingin meraih tiga poin yang diperjuangkan untuk ke papan atas,” ujar pelatih Persebaya Surabaya berusia 60 tahun itu.

Sementara itu, Persela Lamongan tak mau menyerah walau ditinggal sang pelatih. Mereka ingin memberikan kado perpisahan untuk sang pelatih yang sejak hampir satu setengah musim terakhir menangani Laskar Joko Tingkir.

“Kami akan berusaha mencuri poin dari Persebaya. Syukur-syukur kalau bisa menang pada laga ini. Kalau menang, kami akan dedikasikan hasilnya untuk Coach Aji,” tutur Samsul Arifin, pemain senior Persela.

Mundurnya Aji Santoso dari kursi pelatih Persela memang menyisakan suasana tak menentu di ruang ganti. Sebab, para pemain dan tim pelatih tersisa merasa kehilangan.

“Jelas kami kehilangan, karena di Persela, kami semua sudah seperti keluarga. Apalagi kekompakan menjadi prinsip utama di tim ini,” kata Samsul yang diamini pemain senior lainnya, Lucky Wahyu.

Sementara Ragil Sudirman, asisten pelatih fisik yang ditugasi mengisi kekosongan pelatih kepala bersama Danur Dara (asisten pelatih) dan Erick Ibrahim (pelatih kiper) mengatakan, timnya bertekad kuat untuk meraih poin di Surabaya.

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra (kiper); Novan Setya Sasongko, Hansamu Yama, Mokhamad Syaifuddin, Ruben Sanadi (belakang); Muhammad Hidayat, Damian Lizio, Fandi Eko Utomo (tengah); Oktafianus Fernando, Osvaldo Haay, Irfan Jaya (depan). 

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Persela (4-3-3): Dian Agus Prasetyo (kiper); Samsul Arifin, Arif Satria, Mawouna Kodjo, Eky Taufik (belakang); Lucky Wahyu, Kei Hirose, Rafael Gomes de Oliveira (tengah); Malik Risaldi, Hambali Tholid, Alex Goncalves (depan).

Pelatih: Danur Dara (Caretaker)

“Terpengaruh itu pasti. Tapi pemain kami semuanya profesional. Justru ini momentum mereka untuk memberikan yang terbaik,” kata Ragil.

Namun, Ragil mengingatkan supaya para pemainnya mewaspadai kecepatan sejumlah pemain Persebaya. Ia juga mengakui, untuk mencuri poin di kandang Persebaya tak mudah lantaran Persebaya memiliki banyak pemain berkualitas.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*