Hasil Tes Fisik Persebaya: Alwi Slamat Tertinggi, tapi Masih di Bawah Standar

Alwi Slamat (Persebaya Surabaya)

Gelandang Persebaya Surabaya, Alwi Slamat meraih nilai 57,6 ml/kg pada tes fisik VO2Max di Stadion Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman.

Dia mendekati rata-rata high level VO2Max pemain di Indonesia, yakni antara 55-57. Tapi, angka itu masih di bawah standar pemain yang di kisaran angka 60. Artinya, rata-rata pemain Indonesia sebenarnya memiliki angka yang kurang sesuai standar. Ini merupakan satu di antara faktor Indonesia sulit bersaing di level internasional.

“Kalau untuk rata-rata 60 cukup berat. Tapi perlu diingat, kami melakukan tes pemain belum mengikuti latihan secara intensif. Jadi nanti saya sangat yakin nanti di tes kedua pasti VO2Max banyak mengalami peningkatan,” kata Aji Santoso, pelatih Persebaya.

Aji tidak menyalahkan kemampuan fisik pemain Indonesia. Dia memaklumi apa yang dicapai anak asuhnya lantaran belum dalam kondisi bugar setelah libur pergantian musim kompetisi.

“Ketika kami melakukan tes mereka belum latihan intens. Kami ambil data saja, si A berapa si B berapa. Nanti selama mengikuti latihan, saya tes lagi. Saya kira wajar saja,” imbuh Aji.

Pelatih fisik Persebaya, Gaselly Jun Panam, menjelaskan, tes VO2Max ini untuk mengetahui kondisi awal pemain. Menurutnya, hasil tes dapat menjadi acuan untuk menentukan program latihan berikutnya.

“Tes ini kami laksanakan untuk mengetahui kondisi fisik pemain. Apalagi sesi latihan kami sejak sebelum uji coba Persebaya Surabaya Forever Game belum begitu intens. Hasil tes ini bisa menentukan volume serta intensitas program latihan ke depannya,” ungkap Gaselly.

Tes Berikutnya

Lebih lanjut, Gaselly mengatakan bakal berkoordinasi dengan Aji untuk kembali melakukan tes VO2Max. Ia ingin kondisi fisik pemain Persebaya merata dan berada di puncak performa saat kompetisi nanti.

“Rencana itu ada sebelum mengarungi kompetisi. Langkah-langkahnya, ya sudah pasti dengan meningkatkan kualitas latihan,” ucap Gaselly.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*