Dapat Laureus Sportsman Award, Pidato Lewis Hamilton Justru Mengkritisi F1

Lewis Hamilton

Jakarta – Juara dunia Formula 1 (F1) 2019, Lewis Hamilton mendapat penghargaan sebagai atlet pria terbaik bertajuk Laureus Sportsman of the Year 2020 bersama pesepak bola Lionel Messi, Senin (17/2/2020).

Dengan penghargaan ini, Hamilton berstatus pembalap F1 pertama yang mendapatkannya sejak Sebastian Vettel pada musim 2014.

Menariknya dalam pidato ketika ia menerima penghargaan ini, Hamilton justru mengkritisi F1, olahraga yang sudah membesarkan namanya.

Menurutnya ia sangat prihatin terhadap kurangnya keragaman pada ajang balap jet darat. F1 sejauh ini memang identik dengan olahraga pria.

Sampai sekarang, belum pernah ada pembalap wanita yang bisa tampil kompetitif di F1.

“Saya tumbuh dalam olahraga yang benar-benar memberi arti pada hidup saya. Saya sangat, sangat berterima kasih atas apa yang diberikan kepada saya,” kata Hamilton dalam pidatonya.

“Tetapi sebenarnya saya telah tumbuh dalam olahraga yang memiliki keragaman sangat sedikit atau tidak ada sama sekali. Saya pikir ini adalah masalah yang terus kami hadapi,” tambahnya.

Tanggung Jawab Semua

Meskipun begitu, Lewis Hamilton menyebut masalah keragaman di F1 adalah tanggung jawab semua pihak yang terlibat.

“Ini semua tanggung jawab kami untuk menggunakan platform kami untuk mendorong kesetaraan gender dan inklusivitas. Kami harus memastikan benar-benar terlibat dan mewakili apa yang terjadi di dunia saat ini,” juara dunia F1 enam kali itu menuturkan.

Sepanjang kariernya, Hamilton sendiri baru sekali memenangkan penghargaan Laureus Sportsman of the Year. Lebih dari itu, ini juga kali pertama penghargaan ini diterima oleh dua orang sekaligus.

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*