Agostini Beri Tips Kocak untuk Hentikan Dominasi Marquez di MotoGP

Juara Dunia MotoGP, Moto2, dan Moto3 Tahun 2019

Madrid – Dominasi pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, di MotoGP benar-benar tak terbantahkan. Pembalap asal Spanyol tersebut berhasil menggenggam enam gelar juara sejak promosi ke MotoGP pada 2013. 

Satu-satunya kegagalan Marc Marquez naik podium juara dunia terjadi pada 2015. Saat itu gelar juara direbut Jorge Lorenzo yang menggeber motor Yamaha.

Musim lalu, hegemoni Marc Marquez makin menjadi-jadi. Dia sudah menyegel gelar juara dunia MotoGP 2019 ketika balapan masih tersisa empat seri, tepatnya pada MotoGP Thailand.

Tak ada pembalap yang benar-benar mengancam Marc Marquez pada musim lalu. Pembalap seperti Andrea Dovizioso, Maverick Vinales, Valentino Rossi, dan Fabio Quartararo hanya bergantian memberikan ancaman, tapi tidak secara konsisten. Alhasil, Baby Aliens melaju mulus ke podium juara dunia MotoGP 2019. 

Tim-tim lain tentu penasaran ingin menghentikan hegemoni Marquez, termasuk Ducati. Namun, mampukah mereka mewujudkan target tersebut? 

Pembalap legendaris asal Spanyol yang mengoleksi 15 gelar juara dunia, Giacomo Agostini, memberikan jawaban kocak ketika dimintai komentar tentang rencana Ducati mengalahkan Marquez. 

Pabrikan asal Ducati tersebut dikabarkan sedang menyiapkan terobosan revolusioner untuk mengalahkan Marquez.  Menurut Agostini hanya ada satu cara untuk mengalahkan Marquez pada musim depan, yaitu dengan meminta izin terlebih dulu kepada sang pembalap. 

“Ducati bekerja keras, itu pasti. Mereka ingin menang. Tetapi, Honda juga ingin memang, dan begitu juga Yamaha. Bahkan, Suzuki. Tapi, hal terpenting, Anda harus bertanya dulu kepada Marc Marquez jika Ducati ingin menang. Anda harus minta izin darinya,” kata Agostini, Kamis (26/12/2019).

Peluang Quartararo

Menurut Agostini, Marc Marquez akan sangat sulit dikalahkan, termasuk pada musim depan. Dia punya alasan khusus mengatakan itu. 

“Hampir mustahil Anda bisa membuat motor yang lebih cepat dan lebih berteknologi daripada Honda. Honda adalah pabrikan terbesar di dunia. Saat ini, mereka juga punya pembalap terbaik,” ujar Agostini. 

Salah satu pembalap yang dinilai bakal menjadi penantang serius Marquez pada musim depan adalah Quartararo. Namun, Agostini menilai Quartararo akan sulit menghentikan dominasi Marquez. 

“Quartararo adalah pembalap yang bisa memenangi sesuatu pada masa depan. Tapi, saya rasa untuk menjadi juara dunia sekarang masih Marc,” kata Agostini. 

“Memang Quartararo bisa memenangi balapan, tentu saja. Tapi, untuk juara dunia, dia masih harus meminta izin ke Marquez,” imbuh Agostini. 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*