4 Alasan Frank Lampard Bisa Sukses Menjaga Eksistensi Chelsea sebagai Klub Elite Premier League

Frank Lampard Resmi Jadi Manajer Chelsea

Jakarta – Legenda Chelsea, Frank Lampard, telah resmi ditunjuk sebagai manajer The Blues untuk menjadi pengganti Maurizio Sarri yang pergi menjadi pelatih Juventus. Lampard menandatangani kontrak selama tiga tahun bersama Chelsea.

Seperti dilansir situs resmi klub, yang menuliskan kembalinya Lampard ke Stamford Bridge, mantan gelandang bertahan The Blues itu mengaku sangat bangga bisa kembali ke klub yang membesarkan namanya sebagai pelatih.

“Saya merasa sangat bangga bisa kembali ke Chelsea sebagai pelatih kepala. Semua orang tahu betapa cinta saya kepada klub ini dan sejarah yang telah kami dapatkan bersama,” ujar Lampard dalam situs resmi Chelsea.

“Fokus utama saya saat ini adalah tugas yang ada di tangan saya dan mempersiapkan diri untuk musim depan. Saya berada di sini untuk bekerja keras, membawa kesuksesan lebih besar bagi klub dan saya tak sabar untuk memulainya,” lanjut Lampard.

Sementara itu, Direktur Chelsea, MArina Granovskaia, mengatakan, “Ini memberikan kami kegembiraan luar biasa karena bisa menyambut Frank kembali ke Chelsea sebagai pelatih kepala. Frank memiliki pengetahuan dan memahami klub ini. Pada musim lalu, ia telah memperlihatkan bahwa ia adalah seorang pelatih muda berbakat dalam dunia sepak bola.”

“Setelah 13 tahun bersama kami sebagai seorang pemain, di mana ia menjadi seorang legenda klub dan pemegang rekor pencetak gol terbanyak klub kami, tentu kami merasa yakin ini adalah saat yang sempurna baginya untuk kembali dan senang ia bisa melakukannya. Kami akan melakukan segala yang kami bisa untuk memastikan ia mendapat dukungan yang dibutuhkan untuk membawa kesuksesan besar untuk klub ini,” lanjut Direktur Chelsea itu.

Situs 90min mengulas setidaknya empat alasan yang menunjukkan bahwa Lampard merupakan sosok tepat bagi ​Chelsea. Berikut penjabarannya.

Frank Lampard tentu saja bukanlah sosok yang asing bagi ​Chelsea, sebelum memilih untuk melanjutkan kariernya sebagai manajer, dia memang menghabiskan sebagian besar kariernya di Stamford Bridge.

Selama 13 musim berseragam ​Chelsea, pria berusia 41 tahun itu sukses tampil 648 pertandingan dengan koleksi 211 gol. Lampard pun kini masih menjadi top skorer sepanjang masa klub.

Tentu saja dia sudah memiliki banyak pengalaman sekaligus paham betul seluk beluk ​The Blues, hal inilah yang nampaknya menjadi bahan pertimbangan para petinggi klub akhirnya memutuskan untuk mengangkat Lampard sebagai pelatih anyar.

Tak berhenti sampai di sana, pria yang sempat berkarier di Major League Soccer (MLS) itu juga dibantu oleh beberapa nama lain yang sudah tak asing lagi di ​Chelsea, selain Petr Cech yang menjabat sebagai penasihat teknik, Jody Morris dan Chris Jones juga akan menjadi bagian dari staf kepelatihannya.

Musim perdana Maurizio Sarri bersama ​Chelsea memang berjalan dengan baik, walau sempat mengalami inkonsistensi dan menelan kekelahan dari sejumlah tim tak teduga, pria asal Italia tersebut akhirnya mampu mewujudkan target yang sudah ditetapkan di awal musim, yakni mengakhiri musim di zona empat besar.

Selain sukses mengantarkan timnya finis di posisi tiga, eks manajer Napoli tersebut juga berhasil menjuarai Europa League, namun hal tersebut tak lantas membuatnya bisa bertahan lama di London dan akhirnya memutuskan untuk mengakhiri kerja sama di akhir musim 2019-2020.

Walau mengantarkan klub milik Roman Abramovich tersebut meraih kesuksesan, hal tersebut tak lantas membuat dia memiliki hubungan yang baik dengan  penggemar. Musim lalu bahkan terjadi ‘perpecahan’ antara para penggemar yang mendukung Sarri dengan yang berharap agar pihak klub segera memecat pria berusia 61 tahun tersebut.

Kondisi semakin buruk dan tak kondusif, di pertandingan tandang kontra Cardiff pada 31 Maret silam, sejumlah cemoohan pun mulai dinyanyikan oleh sebagian penggemar yang ada di stadion. Pasca peristiwa tersebut, cemoohan yang sama juga sempat terdengar di beberapa laga kandang.

 Kini setelah penunjukkan Frank Lampard sebagai pelatih anyar, perpecahan di antara para suporter pun diharapkan takkan terjadi lagi, terlebih pria kelahiran Romford, Inggris itu juga merupakan sosok yang dihormati sekaligus dicintai publik Stamford Bridge.

Chelsea memang dikenal sebagai tim yang gemar meminjamkan pemain mudanya ke klub lain di setiap musim, dengan harapan mereka akan lebih banyak memiliki jam terbang sebelum promosi ke skuat utama. Di musim 2018/19, klub yang sempat dilatih Carlo Ancelotti itu juga meminjamkan 42 pemainnya.

 Dua pemain muda yang ada di dalam skuat musim lalu, Callum Hudson-Odoi dan Ruben Loftus-Cheek juga kesulitan masuk ke skuat utama dan seringkali baru diandalkan kala timnya berlaga di Europa League.

Hal ini sepertinya akan berubah di era Frank Lampard, terlebih ​dia juga sudah menegaskan siap memaksimalkan potensi pemain muda mulai musim 2019-2020 nanti, terlebih selain dibantu Jody Morris yang sempat menukangi skuat junior, Joe Edwards yang sebelumnya merupakan pelatih Chelsea U23 juga masuk dalam staf kepelatihan.

Kehadiran Lampard di Stamford Bridge pun sepertinya membuat para pemain muda makin semangat untuk masuk ke tim utama, kabar terakhir juga menyebutkan jika Hudson-Odoi, Ruben Loftus-Cheek serta Mason Mount akan segera menandatangani kontrak baru.

Pasca diakuisisi Roman Abramovich pada tahun 2003 silam, ​Chelsea memang kembali menjadi klub yang kuat dan cukup disegani. ​The Blues juga sukses memenangkan sejumlah trofi bergengsi, termasuk di antaranya lima ​Premier Lea​gue, FA Cup, tiga League Cup, dan tentu saja tiga gelar Eropa, ​Champions Leag​ue serta Europa League yang diraih pada 2013 dan 2019.

Walau hampir selalu meraih gelar di setiap musim, hal tersebut tak lantas membuat pelatih aman dari pemecatan, sejauh ini sudah ada 14 orang yang menukangi tim asal London tersebut.

Publik tentu khawatir nasib yang sama akan dialami Lampard, terlebih pengalamannya sebagai manajer juga dapat dikatakan masih minim, namun ternyata ​Abramovich sudah memberikan garansi jika pria berusia 41 tahun tersebut akan diberikan banyak waktu untuk dapat mengantarkan klub meraih banyak kesuksesan.

Hal ini tentu saja menjadi kabar ditunggu-tunggu para penggemar yang memang sudah lama  menginginkan stabilitas di dalam tim. Kini​ Chelsea akan segera memulai era baru di bawah arahan Frank Lampard.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*